Kamis, 10 Mei 2012

ASMAUL HUSNA



ASMAUL HUSNA
Asmaul Husna adalah nana-nama ALLAH SWT.  Yang indah dan baik.Asma berarti nama dan Husna berarti yang baik/yang indah,jadi Asmaul Husna adalah nama-nama milik ALLAH SWT. yang baik lagi indah.
Sejak dulu para ulama telah banyak membahas dan menafsirkan nama-nama ini,karena nama-nama ALLAH adalah alamat kepada dzat yang mesti kita ibadahi dengan sebenar-benarnya.
Asmaul Husna secara harfiah ialah nama-nama,sebutan,gelar ALLAH SWT. yang baik dan agung sesuai dengan sifatnya.

Jumlah Asmaul Husna yang wajib diketahui ada 99 dan tidak ada satu pun yang memiliki dan menyamai nama-nama itu selain ALLAH.
Seperti Firman ALLAH SWT.=






v PENGERTIAN AL QAYYUM
Al-Qayyum ialah Dzat yang berdiri sendiri,yang dalam berdirinya itu tidak membutuhkan pertolongan yang lain,bahkan yang lainlah membutuhkan pertolongan kepada-Nya.
Ketauhilah (semoga ALLAH menunjuk Anda),bahwa segala sesuatu terbagi menjadi=
1.    Benda yang tidak membutuhkan tempat,seperti kehormatan dan sifat-sifat,dan ini dikatakan “ia tidak berdiri sendiri”
2.  Ada pula benda yang membutuhkan tempat,seperti permata,dan ini dikatakan “berdiri sendiri.” Tetapi sekalipun permata itu berdiri sendiri,ia masih membutuhkan beberapa perkara yang harus ada demi keberadaannya dan menjadi syarat baginya. Jika di dalam wujud ini ada sesuatu yang maujud yang telah cukup dengan dzatnya,tidak ada pendiri baginya dengan yang lainnya,dan tidak diisyaratkan dalam keberadaannya itu ada yang lainnya,maka dialah yang berdiri sendiri secara mutlak.jika disamping yang disebutkan tadi,ia juga mengurus segala yang ada,sehinnga tidak ada sesuatu pun yang wujud kecuali dialah yang mengurusnya,maka ia adalah Al-Qayyum,dan ini tidak lain adalah ALLAH SWT.




Masuknya seorang hamba ke dalam sifat ini hanyalah menurut kadar rasa cukupnya kepada selain Dia. Dikatakan bahwa bangsa Israel pernah meminta kepada Nabi Musa a.s,ketika mereka memasuki lautan,agar mengajarkan kepada mereka isma’azham. Lalu Nabi Musa menjawab:’’Ahsyan syarahiyan (yakni Ya Hayyu Ya Qayyum),maka ALLAH menyelamatkan mereka dari bahaya tenggelam.
KHASIATNYA=
Barang siapa membacanya sepotong (Ya qayyum saja),maka akan lenyaplah rasa kantuknya. Dan barang siapa membacanya disertai Al-hayyu (yaitu:Ya Hayyu Ya Qayyum),sejak terbit sampai naiknya matahari,maka ia akan mendapatkan rasa senang dalam dirinya yang tak terhingga. Dan barang siapa berdoa dengannya di lautan luas,maka ALLAH akan menyelamatkannya dari bahaya tenggelam.




v CERMIN PENGAMALAN AL-QAYYUM DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Setiap muslim yang beriman wajib percaya bahwa ALLAH SWT. mempunyai nama-nama yang indah dan agung sesuai dengan sifat-sifat kesempurnaan-Nya.
Berikut ini bentuk-bentuk pengamalan Al-Qayyum dalam kehidupan sehari-hari=
1.   Menjaga semua yang sesuai dengan telah diciptakan ALLAH SWT. pada makhluk-Nya.
Melestarikan yang sesuai dengan telah diciptakan ALLAH SWT. pada makhluk-Nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar